Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Selalu Bersin-Bersin

Tentang Gejala Bersin-Bersin Terus Tiap Hari: Penyebab dan Solusinya

 

  Ilustrasi sering bersin bertubi-tubi


Sejak 2 tahun yang lalu entah kenapa saya jadi sering sekali bersin-bersin apa bila baru bangun tidur di pagi hari. Bersin-bersin bahkan bisa jadi semakin parah apabila setelah terkena air atau setelah bersentuhan dengan sesuatu yang dingin, misalnya menginjak lantai. Kondisi ini hampir terjadi tiap hari dan sangat mengganggu aktivitas saya.

Bersin-bersin bisa terjadi hingga berkali bahkan bisa hingga belasan kali secara terus menerus, selain itu hidung juga jadi tersumbat dan meler mengeluarkan ingus/lendir berwarna bening. Hidung dan mata sering sedikit gatal dan mata merah agak perih.

Dulu, untuk mengurangi gejala bersin-bersin, saya sering kali mengkonsumsi obat pilek/flu yang banyak di jual di pasaran/di toko obat. Efeknya, bersin-bersin dan hidung meler jadi mereda dan berhenti. Namun bersin-bersin bisa datang lagi pada hari berikutnya atau pada saat tidak minum obat pilek.

Karena kejadian ini berlangsung terus menerus sepanjang tahun, saya pun berfikir bahwa ini pasti bukan penyakit flu biasa. Akhirnya saya coba pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan berobat siapa tahu saya bisa sembuh.

Setelah pergi ke Dokter, katanya sering bersin-bersin tiap hari adalah tanda penyakit Rhinitis Vasomotor. Gejala rhinitis vasomotor ini sering kali ditandai dengan sering bersin-bersin berulang kali terutama saat baru bangun tidur di pagi hari.

Vasomotor rhinitis adalah radang mukosa (selaput lendir) hidung akibat gangguan pada sistem saraf yang berfungsi mengatur pelebaran atau penyempitan pembuluh darah (vasomotor) di hidung.

Nah, vasomotor rhinitis ini sering kali di picu oleh udara dingin atau oleh perubahan temperatur yang drastis saat di pagi hari. Gangguan ini akan menyebabkan sistem saraf penderita rhinitis vasomotor terganggu dan menyebabkan pembuluh darah di hidung-nya melebar, mengakibatkan terjadinya peradangan, hidung ingusan, hidung mampet dan bisa memicu bersin-bersin.

Gejala rhinitis vasomotor ini memang mirip sekali dengan gejala rhinitis alergi, sehingga banyak sekali orang bahkan dokter yang mengira pasiennya menderita rhinitis alergi. Perbedaannya bisa dilihat dari penyebab atau pemicunya, rhinitis alergi sering di picu oleh serbuk sari, tungau debu rumah, spora jamur yang mungkin terhirup saat bernafas.

Sedangkan pada vasomotor rhinitis sering kali disebabkan oleh sesuatu yang berhubungan dengan suhu, cuaca, tekanan udara, kelembaban udara, yang bisa kontak pada tubuh penderita dan langsung menyebabkan sistem vasomotor-nya terganggu. Kasus yang cukup umum ditemukan yaitu bersin-bersin di pagi hari, bersin-bersin setelah menginjak lantai yang cukup dingin atau bersin-bersin setelah mandi.

Lalu bagaimana solusi bagi bersin-bersin terus ini?

Dulu saya sempat membeli sebuah buku yang berjudul "Buku Mengatasi Bersin", didalamnya dijelaskan cara mengatasi dan cara mengobati bersin-bersin tiap hari secara tahap demi tahap dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Selain itu didalamnya juga terdapat banyak saran dan tips-tips agar tidak mudah mengalami bersin-bersin lagi. Isi buku tersebut cukup bagus dan harganya pun cukup murah jika dibandingkan dengan manfaatnya. Setelah saya melakukan semua cara-cara didalamnya secara disiplin dan teratur, saya pun jadi tidak suka bersin-bersin lagi dan kalo ada bersin pun hanya sekali-kali saja dan sangat jarang sekali.

Saya sangat berharap penyakit bersin-bersin yang saya derita ini tidak datang lagi dan sembuh selamanya. Nah, jika Anda juga sering bersin-bersin tiap hari, saya sangat menyarankan Anda untuk mencoba membaca buku digital buku mengatasi bersin tersebut, siapa tahu Anda pun bisa sembuh seperti saya dan yang lainnya.

Good luck ya... 


No comments:

Post a Comment

Recent Comments

Bersin-Bersin