Mengatasi Bersin-Bersin Terus Karena Alergi Dingin

Mengobati Sering Bersin Karena Alergi Dingin

 

penyakit bersin-bersin terus

Gampang bersin-bersin terus saat baru bangun tidur dipagi hari


Apakah Anda sering mengalami bersin –bersin ketika terpapar oleh udara dingin atau air dingin? Jika ya, berarti Anda senasib dengan saya.

Dulu saya sering kali mengalami bersin-bersin terutama saat pagi setelah bangun tidur atau setelah wudu. Bersin-bersin bisa berkali-kali dan bisa sampai belasan kali dalam sehari. Selain itu hidung jadi mampet, hidung dan mata sedikit gatal, perih dan yang paling menyebalkan adalah ketika hidung jadi meler serta mengeluarkan banyak lendir tak henti-hentinya.

Alergi dingin ini sebetulnya termasuk dalam kategori non-allergic rhinitis, dan sering disebut dengan istilah “Vasomotor Rhinitis" dalam istilah kedokteran. Vasomotor Rhinitis adalah terdapatnya gangguan fisiologi lapisan mukosa hidung yang disebabkan peningkatan aktivitas saraf parasimpatis. Penyakit ini termasuk dalam penyakit rinitis kronis selain jenis rhinitis alergi (allergic rhinitis).

Rinitis vasomotor adalah suatu inflamasi mukosa hidung yang bukan merupakan proses alergi, bukan proses infeksi, dan menyebabkan terjadinya obstruksi hidung serta rhinorrhea. Penyebab dari Rinitis Vasomotor dipercayai sebagai akibat dari terganggunya keseimbangan dari saraf autonom pada mukosa hidung yang menyebabkan terjadinya vasodilatasi dan hipersekresi.

Cara menghindari terjadinya bersin-bersin pada rinitis vasomotor bervariasi antara lain dengan menghindari penyebab, psikoterapi, penggunaan obat-obatan, tetapi sampai saat ini belum memberikan hasil yang optimal.

Kenapa tidak ada yang optimal? Karena sebagian besar dokter banyak yang mengatakan bahwa rhinitis ini belum ada obatnya atau tidak bisa disembuhkan secara total.

Namun saya tidak setuju dengan hal tersebut, karena saya sendiri merupakan mantan penderita alergi dingin yang boleh dibilang sudah sembuh 99% dan sekarang sudah tidak sering bersin-bersin lagi.

Lalu obat apa saja yang saya gunakan untuk mengatasi bersin karena alergi dingin? Beberapa bulan yang lalu saya sempat membeli buku yang berjudul Buku Mengatasi Bersin yang ada di situs https://mengatasibersin0.blogspot.com. Dalam buku tersebut terdapat banyak informasi langkah demi langkah cara mengobati bersin-bersin secara mudah namun efektif.

Selain itu, didalamnya juga terdapat informasi mengenai bahan-bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mengobati bersin-bersin akibat alergi dingin (vasomotor rhinitis), resep-resep dan cara pembuatannya.

Setelah saya mengikuti panduan yang ada dalam buku tersebut secara disiplin dan terartur, perlahan-lahan saya jadi merasa lebih sehat dan semakin kebal terhadap alergi dingin. Setiap bangun pagi yang biasanya diserang dengan bersin-bersin, kini saya jadi lebih segar dan tidak mdah bersin-bersin lagi seperti sebelumnya.

Jika Anda sering mengalami bersin karena alergi dingin, saran saya cobalah ikuti panduan yang ada dalam buku tersebut. Karena menurut pengelaman saya, khasiat dari tips-tips yang ada didalamnya sangat bermanfaat sekali.

Baik, itulah informasi yang bisa saya berikan sehubungan dengan cara mengobati bersin-bersin alergi dingin, semoga artikel ini bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

Recent Comments

Bersin-Bersin