Tuesday, April 15, 2014

Mengobati Bersin-Bersin di Pagi Hari akibat Rinitis (Rhinitis)

Selalu bersin-bersin di pagi hari merupakan hal yang tidak boleh dianggap biasa saja. Jika bersin-bersin sudah terlalu sering dan mengganggu kualitas hidup serta aktifitas sehari-hari Anda, maka sebaiknya segera di cari tahu apa penyebabnya.

Gejala sering bersin-bersin di pagi hari biasanya disebabkan oleh Rinitis, baik itu rinitis alergi maupun rinitis non-alergi seperti rinitis vasomotor. Rinitis adalah kondisi peradangan pada membran hidung yang ditandai dengan kombinasi beberapa gejala seperti bersin-bersin berulang kali, hidung tersumbat, mata berair, hidung gatal dan mengeluarkan banyak lendir. Pada kasus tertentu, mata, telinga, sinus dan tenggorokan juga dapat terlibat.

Suka bersin di pagi hari biasanya disebabkan oleh vasomotor rhinitis yang mana sering kali di picu oleh udara dingin atau segala sesuatu yang bersuhu cukup dingin (kulitnya sensitif pada suhu dingin). Akibat gejala rinitis ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Banyak sekali orang yang menganggap remeh dan akhirnya bersin-bersin menjadi mentap dan menahun.

Salah satu penyakit komplikasi dari Rinitis Alergi yaitu berupa Asma Bronkial, dimana terdapat kerusakan epitel saluran pernafasan akibat reaksi peradangan yang berkepanjangan.

Selain rinitis vasomotor, penyebab tersering lainnya yaitu bisa diakibatkan oleh rinitis alergi. Gejala rinitis alergi ini sama halnya seperti gejala rinitis vasomotor, sehingga pasien dan dokter sering kali kesulitan untuk membedakannya. Untuk mengetahui secara pasti alergen apa yang menyebabkan bersin-bersin harus dilakukan tes alergi dahulu (skin prick test).

Rinitis bisa dikatakan Intermiten (kadang-kadang) bila gejalanya hanya beberapa minggu. Dan bisa dikatakan Persisten (menetap) bila gejalanya hingga berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun.

Walaupun gejala rinitis tidak sangat membahayakan penderitanya, namun sering kali membuat hidup penderitanya jadi kurang nyaman. Akibat sering bersin-bersin bisa menyababkan gangguan tidur, belajar atau bekerja jadi tidak konsentrasi, bolos, mengantuk, malas, letih, lesu, dan lain-lain.

Untuk mengurangi gejala rinitis, hindarilah segala sesuatu yang bisa menyebabkan bersin-bersin. Jika Anda alergi terhadap dingin, maka hindarilah suhu dingin, misalnya dengan memakai baju hangat dan alas kaki. Jika Anda alergi dengan debu atau polusi udara, bersihkanlah tempat Anda agar debunya hilang, Anda juga bisa menggunakan masker agar debu tidak langsung masuk ke hidung.

Untuk terapi menggunakan obat-obatan biasanya digunakan obat-obatan seperti obat antihistamin, kortikosteroid, obat-obat simpatomimetik, dll.

Jika setelah mengkonsumsi obat-obatan masih belum sembuh juga biasanya disarankan untuk melakukan Imunoterapi. Imunoterapi bertujuan untuk menekan pembentukan Immunoglobulin E (IgE). Imunoterapi juga meningkatkan titer antibodi IgG spesifik.

Komplikasi lain dari rinitis yang bisa terjadi diantaranya yaitu polip hidung, otitis media, sinusitis, dan asma.

Mengobati Bersin-Bersin di Pagi Hari Secara Alami

Jika Anda suka bersin di pagi hari, Anda juga bisa mengobatinya secara alami, untuk lebih jelasnya saya sarankan Anda membaca e-book mengatasi bersin yang ada di situs www.mengatasibersin.com. Dulu saya sempat menderita bersin-bersin menahun (rinitis menahun) dan berkat panduan yang ada didalam e-book tersebut kini saya sudah tidak bersin-bersin lagi di waktu pagi.

3 comments:

  1. Yups, kata Dokter aku juga menderita rhinitis vasomotor, sering banget bersin dan pilek di pagi hari, benar-benar menyusahkan..

    ReplyDelete
  2. Banyak orang yang menganggap dirinya menderita rinitis alergi, padahalmah mereka menderita rinitis vasomotor. Gejalanya memang miri sih emang..

    ReplyDelete
  3. Taukah Anda penyakit rhinitis tuh tidak bisa disembuhkan atau sangat sulit disembuhkan.. (kata Dokter yang pernah saya temui).
    Tapi tetep saja harus berusaha untuk bisa sembuh, hehe

    ReplyDelete

Recent Comments

Bersin-Bersin